Senin, 28 September 2020

FANSUB

Database
Name
FANSUB
Alternate Name
Full Armed National Security Undercover Bureu
Founder
-
Territory
-
Headquarter
Blitar
Members
+100 Fansub
Logo

Ally Republic
Opponent -
Leader
Bara Ibrahim
Ideology -
FANSUB atau Full Armed National Security Undercover Bureu adalah organisasi tak resmi yang khusus menangani 4 masalah komunitas anime yaitu Anime Smuggler, Cosplayer, Vtuber, dan Worldbuilder.

History

Tidak ada yang tahu pasti siapa Fansubber pertama namun seorang figure bernama Himeko dan Bara Ibrahim adalah yang resmi menggabugkan Fansub-Fansub yang tercecer di seluruh negeri menjadi komunitas pada tahun 2010.

Awalnya, Fansub hanya menyediakan anime karena mendapatan anime di Indonesia sangat susah terlebih lagi karena kongress sensor anime di tahun 2009 yang membuat anime Empty Heaven dibanned. Karena secara teknis ilegal, Pemerintah memburu Fansubber namun Himeko membuat deals kepada Republic untuk melindungi Fansub dari Pemerintah. Himeko ingin menjadikan Fansub sebagai divisi Republic sebagai gantinya mereka akan bekerja untuk Republic. Himeko juga memberikan statetement bahwa Fansub dapat membosting reputasi Republic. Republic yang dipimpin Ignatius saat itu setuju karena mereka juga kekurangan pasukan untuk menyaingi Kerajaan Indonesia.

Dalam novel, Fansub adalah background cerita utama semenjak Arc ke-4 sampai Arc ke 9 Terdapat lebih dari 100 Fansub yang disebutkan dan beberapa menonjol dalam cerita. Cerita itu dibagi ke dalam beberapa bab:

Arc 4: Greeting from Dreamland/Attack on Diponegoro Field
Tidak diceritakan banyak. Hanya disebutkan Sagara pertama kali terjun ke dunia Fansub. Sagara lalu meninggalkan komunitas Fansub. Di sinilah Hype akan Sharlindy sudah dibangun.

Arc 5A: Wrong Side of History/Siege of Jakarta
Menceritakan sisi dari Fansub Jakarta dan sekitarnya: Blue Wings, Lulusubs dan Eater Team dalam mempertahankan Jakarta dari serangan BUMN dan Kerajaan Indonesia. Tewasnya banyak Fansubber seperti MiwaQu dan Alexander K. membuat Himeko membubarkan Fansub V1. Sharlindy datang terlambat dari ibukota Republic di Kutai, untuk menghentikan serangan Kerajaan. Kerajaan hanya menguasai Jakarta selama 3 hari dan mundur kembali ke Bogor.
 
Arc 5B: God Vs Human/Battle of Krista Homeland
BUMN akhirnya bergerak untuk menghancurkan Republic dan Kerajaan di Jawa timur. Serangan mereka ke wilayah Republic sangatlah fatal karena mereka membawa Divisi Baru yang disebut Major Arcana. Serangan BUMN dibagi menjadi 6 front. Twist dari cerita ini adalah, Divisi Fansubber yang dikirim Republic untuk melawan BUMN berasal dari AH Kakeru namun tidak tahu Major Arcana itu adalah Fansubber Subzia sehingga Kakeru melawan saudara mereka sendiri. Ketua Intel Republic, Wolf Soebardjo namun tidak menemukan motif kenapa Fansubber memihak BUMN namun disebutkan bahwa Sharlindy menjadi CEO Everlasting Aqua untuk mendanai Fansub V2. Republic namun tetap mempertahankan status quo Fansub dan mengcover Subzia agar tidak bocor ke publik.
 
Arc 6: Ghost Striker/Indonesia Downfall
Sementara Wolf menyelidik Fansub, tiba-tiba datang organisasi misterius bernama Ghost Striker yang memburu Fansubber di seluruh Indonesia. Republic mengumumkan Ghost adalah terorist dan bahkan meminta musuh mereka untuk membantu Republic. Semuanya menolak dan membuat banyak Fansubber habis termasuk Sharlindy. Sisa-sisa dari Blue Wings akhirnya bergerak dan menghancurkan Ghost dipimpin oleh Ariel Nugroho. Diketahui bahwa Ghost adalah organisasi Pemerintah, sebuah trial untuk membangkitkan kembali Petrus.

Arc 7: Back to Square One/Battle of Kudus
Semenjak tahun 1998, ini pertama kalinya Republic melakukan agresi ke wilayah lain daripada terus bertahan. Target mereka adalah Kudus dengan harapan dapat juga membuat Kerajaan di Demak terkepung. Satu-satunya Fansub di Jawa Tengah, Mirai Team dikirim ke Kudus. Sagara mendengar hal ini dan bergerak mencari Mirai Team namun gagal. Sagara justru mendapatkan informasi dari orang yang sudah dikira telah tewas, Rita Sarasvati. Rita mengatakan bahwa Sharlindy masih hidup dan baru saja mengalahkan dua Ghost terakhor, bernama Hideist dan Robert Ignatius.

Arc 8: the Fansubber
Sagara kembali ke dunia Fansub, mencari members Fansub-Fansub di Jawa Timur melalui berbagai event seperti Six Kingdoms of Madiun, Battle of Surabaya, dan Operation Blackrose. Sagara menemukan sedikit members Fansub yang ternyata telah pensiun semua mengingat event Jakarta dan Ghost. Sagara memutuskan mencari satu-satunya di list bernama Sharlindy, tidak mengetaui bahwa Sharlindy adalah pemimpin serangan di Surabaya sampai akhir. Datangnya bantuan Kerajaan dari Commander Elenaor membuat Sharlindy mundur ke Sidoarjo. Sagara sempat meminta tim dan resource untuk mengejar Fansubber terakhir itu namun ditolak. Sagara pergi ke Sidoarjo sampai Blitar namun gagal menemukan orang yang dicarinya. Kembali ke Republic, Sagara menemukan memoriam Fansubber dan Wolf mengatakan kebeneran dari seluruh Fansubber termasuk Sharlindy, menemukan bahwa orang yang dimaksud Sagara selama ini bukanlah CEO Aqua itu mengingat nama Sharlindy cukup generic di Indonesia. Sharlindy yang dicari berada di Borneo Timur dan ghost writer dari Empty Heaven.

Arc 9: Night Galaxy Isekai
Kemunculan anime streaming legal membuat Fansub menjadi semakin terpuruk dan adanya charge/sued dari distributor legal membuat Fansub terpaksa menghentikan gerakannya. Arc ini hanya menceritakan Ending dari semua Fansubber termasuk Sharlindy sedang berada di Celebes Makassar bersama suaminya untuk menulis arc ke-3 Empty Heaven berjudul: Sultan and Armada. Karakter utama bernama Shiroyuki sebenarnya juga diambil dari motto Subzia yaitu Shiro Seputih Yuki (Salju). Diketahi bahwa Republic berbohong kepada Sagara mengenai Sharlindy dengan harapan Sagara berhenti membuang waktu mencari orang yang tidak ingin dicari. Sharlindy benar adalah CEO Aqua dan mendapati misi yang disebut Operation Blackrose, di mana Sharlindy pura-pura mendukung BUMN agar dapat memanfaatkan resource mereka yang tidak terbatas untuk mentackle Kerajaan Indonesia dan Pemerintah. Sharlindy dan Major Arcana memang menyerang Republic juga namun selalu memastikan bahwa defender Republic tidak terbunuh kecuali memang kejadian di Pandora Madiun adalah suatu kecelakaan. Wolf sebagai ketua intel bahkan tidak tahu akan hal ini. Diceritakan bahwa seseorang bernama Zulfiqar yang menjalankan operasi ini. Blue Wings berakhir menjadi bisnis travel sementara Eater Team menjadi konsultan. Lunarsubs satu-satunya yang berakhir menjadi Fansub Legal dipimpin oleh Antibomb007. Atas pengalaman mereka dalam bahasa Jepang dan Inggris saat Fansubbing, Himeko, Bara, dan lainnya menjadi guru dan dosen di mana sering mereka tidak sengaja membuat joke tentang Fansub di hadapan murid yang tidak tahu apa-apa.

Others Arc: The Global Fansub: UNIFASTOL
Mendengar event di Jakarta, Global Fansub seperti FFF, GGthx, dan Windblade memutuskan bergerak menyelesaikan civil war di masing-masing negara mereka.

Others Arc: Fansub V3
Seseorang misterius berusaha membangkitan Fansub sehingga terdapat wacana akan Fansub V3
 
Kritik
Belum ada respons mengenai konsep novel ini, karena penulis juga terus merombak konsep terutama nama karakter dan belum merilisinya ke publik. Nama karakter dan Fansub juga sering diubah. 

Log
A. Name Change
Novi to Mafuyu Zulkarnaen
Kein Saegusa to Saegusa only
 
B. Fansub Change
Shiro Tear to Eater Team
AWsubs to Blue Wings

Trivia:
0. Obviously, berbeda dengan Real Life, cerita ini mengandung genre fantasy, superpower, dan core novel RITA yaitu Indonesia 2nd Civil War (1998-2030)
1. Terkadang Lulusubs disebut Mecha Fansub, dan beberapa Fansub yang memiliki nama yang menunjukkan nama dari anime lain di real life seperti AnimeChitanda diubah namanya di novel, bahkan Fansub utama,  Blue Wings adalah sebenarnya Awsubs. Karena nama AW dari Accelerator Words yang berasal dari series Index di real life.
2. Meskipun di real life, Lulusubs adalah bagian dari kelompok Pantsubber hanya diceritakan Lulusubs saja sementara yang lain hanya disebutkan mengingat keterbatasan waktu dan tidak dekatnya penulis dengan Fansub yang disebutkan.
3. Beberapa nama karakter juga diubah jika nama itu mengandung unsur di real life, atau keinginan penulis sendiri. Terkadang karakter tertentu diubah drastis namanya untuk menjaga privasi. Hampir seluruh karakter dari Kakeru sendiri tidak berdasarkan nama Fansubber mereka di real life, nama-nama seperti Mafuyu, Dexter, dan Antariksa
4. Beberapa Fansub yang terkenal di real life tidak disebutkan sama sekali karena penulis berpikir Fansub tersebut tidak masuk katagori "Fansub" atau tidak diketahui karakter dari anggotanya karena cenderung diam.
5. Karena keterbatasan waktu, meskipun ada lebih dari 100 Fansub, hanya diceritakan Blue Wings, Lulusubs, Eater Team, Subzia, Mirai Team, Lunar. Kakeru, Otachi dan 7Shichi, namun terdapat database mengenai Fansub lain yang membuka peluang penulis lain untuk menceritakannya lebih dalam.
6. Terdapat 2 konsep game dari cerita Fansub yaitu RITA: Sena Bay yang menceritakan Fansub saat golden age di tahun 2013 dari sisi karakter Ariel Nugroho di Sena Bay (Gresik-Surabaya-Sidojaro+Aziz Castle) dan VN RITA: Operation Spectron yang menceritakan romance antara Shiroyuki (Sharlindy) dan Mafuyu Zulkarnaen saat kuliah di ITS.
7. Seperti Arc lain dalam novel, Bab mengenai Fansub selalu menceritakan karakter X mencari karakter Y, seperti Bara mencari Miwa, Sagara mencari Shiro, atau Mafuyu mencari Adit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar